Selama' Sitammu

Salam Sangtorayan
Kehadiran blogspot Geppmator bukanlah hal yang luar biasa namun kiranya kehadiran blog ini dapat lebih maju selangkah dari hari kemarin. Masih banyak kekurangan dari blog ini olehnya itu masukan dan kritikan yang konstruktif adalah sebuah harapan besar bagi GEPPMATOR.

Ta sangpori bannemo anta sangkutu' amboran
ta tammbanni tallu lolona ta lambeanni a'pa' tao bulinna
Denno upa' anna makamban pa'pasakkena to ditingara tuka', dao tangngana lagi', dao iring iringanna, dao titanan tallunna, tirindu lalikanna iamo Puang Ri Matua, Puang toambo amboan..

Banuari na simambela anna den tang sisangbanua
Lindori nasitoyangan anna den tang sitiro lindo sibengan petawa mammi'
Limari na tang sitadoan anna tang sitoe manda' sisalama'
Apa ia pole' tu penawa tontong sikala' rambu raya

Kamis, 09 Mei 2013

GEPPMATOR MASUK DESA

Peta Buakayu
Lembang Buakayu berada di kabupaten Tana Toraja Kec. Bonggakaradeng sekitar 30 km dari arah kota Makale memiliki panorama yang indah dan menakjubkan. Masyarakatnya yang ramah melengkapi keindahan dan keromantisan alam ini. Jalan yang penuh bebatuan dan ada pula yang berlumpur sekalipun tidak mengurangi panorama indah alam buakayu.
Siswa SMUN 1 Bonggakaradeng
Sebelum mencapai desa Buakayu, Batu sura’ adalah desa terakhir yang di jangkau oleh jalan aspal. Desa berikutnya adalah Palesan yang jalanannya belum teraspal namun sebagian sudah dalam tahap pengerasan. Setelah melawati pasar palesan maka jalanan berikutnya adalah penurunan dan pendakian yang sangat tajam.
Masyarakat yang menyaksikan film garapan Belo Tarran
Disepanjang jalan Palesan menuju Buakayu nampak begitu banyak pohon ijuk baik di bukit maupun lembah yang curam sekalipun. Keberadaan pohon ijuk tersebut adalah salah satu sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat Palesan dan Buakayu dengan memanfaatkan cairan dari pohon tersebut yaitu tuak.
Pada tanggal 13-15 Gerakan Pemuda Pelajar dan mahasiswa Toraja (Geppmator) mencoba untuk mengunjungi desa Buakayu dengan beberapa program yang telah disampaikan pada pemerintah setempat. Kepala Lembang (desa) serta masyarakat menyambut baik program ini dan dengan antusias. Adapun kegiatan Geppmator di Buakayu adalah :
1.   Pemutaran film sejarah perjuangan masyarakat Toraja (1907-1917) yang digarap oleh Belo Tarran (13 Maret 2013)
2.      Pemutaran Film tentang pendidikan dan kondisi masyarakat Indonesia di daerah perbatasan (14 Maret 2013)
3.       Pembekalan pada siswa SMUN 1 Bonggakaradeng tentang dunia kampus
4.       Pengajaran Singkat tentang teknologi informasi pada siswa SMUN 1 Bonggakaradeng
5.   Pendataan kebutuhan (aspirasi) masyarakat melalui kepala lembang untuk disampaikan pada pemerintah.
Kepala Desa memberikan apresiasinya pada kegiatan Geppmator
Pemutaran film diadakan di dua tempat yaitu di gedung gereja Toraja jemaat leso dan di aula SMUN1 Bonggakaradeng. Sementara itu Kepala Sekolah SMUN1 Banggakaradeng menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar Geppmator tetap memberikan perhatian pada pendidikan di Toraja.






Ketua tim yaitu Hesron Ruga mengatakan bahwa perlu adanya pengetahuan teknologi pada siswa dipedalaman karna pengetahuan teknologi informasi dapat membantu siswa dalam mendapatkan informasi – informasi dan juga akan sangat membantu dalam pelajaran mereka. Hezron Ruga juga mengatakan bahwa film pendidikan dan film sejarah yang diputarkan pada siswa akan menambah motifasi dan mendorong siswa dalam belajar dan memberi pengetahuan akan sejarah perjuangan Toraja yang melahirkan jiwa Nasionalisme.
Belo Tarran dalam pemaparan Film garapannya
Ketua Geppmator menyampaikan terima kasih pada masyarakat yang sangat membantu
Penonton yang harus naik ke lantai 2 gedung gereja akibat lantai 1 sudah sesak dengan penonton
Siswa SMUN 1 Bonggakaradeng
Games bersama siswa SMUN1 Bonggakaradeng setelah pemutaran film

siswa yang duduk melantai menyaksikan film pendidikan

Reaksi:

1 komentar: